Mulai tanggal 1 November 2016 setiap pasien BPJS harus membawa Surat Rujukan Online dari Puskesmas atau PPK 1. Bawalah selalu surat rujukan dari Puskesmas atau PPK 1 pada saat anda berobat ke poliklinik (untuk pasien BPJS).

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Penyebab
Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat  (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Penanganan
Untuk meringankan gejala penyakit asam urat, Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit.


Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan.

6 Makanan Pantangan Asam Urat "Benjol"

  1. B = Bayam.
  2. E = Emping.
  3. N = Nanas.
  4. J = Jeroan.
  5. O = Otak.
  6. L = Lemak.


Disingkat dengan Benjol agar lebih mudah mengingatnya. Bayam adalah sayuran yang sangat berbahaya untuk asam urat, padahal bayam sangatlah tinggi zat besinya tapi sangatlah tinggi kandungan purinnya. Sebaiknya jangan makan bayam seumur hidup bagi penderita asam urat ini. Jadi sangatlah tepat kalau bayam dijadikan makanan pantangan nomor pertama.

Yang kedua adalah emping, bisa emping melinjo yang sangat cepat berefek sakitnya, asam urt akan kambuh dengan cepat kalau makan emping melinjo.

Buah-buahan yang tidak boleh dimakan adalah nanas. Jeroan dan otak sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Yang terakhir adalah LEMAK. Ini yang sulit untuk dihindari, tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dan sebagainya. Hindari saja biar tidak kambuh.

Social Media

Joomla templates by Joomlashine